Bagaimana memilih Program Studi PTN?

Saturday, February 2nd, 2013 - Pendidikan

Pada hari Jumat 1 Februari 2013, semua peserta SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sudah bisa mulai mendaftarkan diri. Akan tetapi mereka diharapkan untuk berhati-hati dalam memilih program studi PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang dituju.

Menurut Ketua Umum Panitia Pelaksanaan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi), Akhmaloka, setiap peserta SNMPTN harus teliti dalam membaca ketentuan PTN yang dituju. Sebab, sejumlah program studi yang ada di PTN mewajibkan syarat tertentu misalnya tidak buta warna.

Pada jurusan Psikologi misalnya, ada PTN yang mengharuskan pendaftar dari jurusan IPS, tetapi ada juga yang mengharuskan pendaftar dari jurusan IPA. Hal seperti ini perlu diketahui sehingga pendaftar tidak mengalami kesalahan.

Menurut Akhmaloka, setiap peserta maksimal dapat memilih dua PTN yang diminati. Apabila ada peserta yang memilih satu PTN, maka ia diperbolehkan untuk memilih PTN di provinsi manapun. Namun, apabila peserta memilih dua PTN maka salah satu PTN yang dipilih harus satu provinsi dengan SMA asalnya.

Peserta diperbolehkan memilih dua program studi pada masing-masing PTN. Urutan program studi dan urutan PTN menyatakan prioritas pilihan.
foto AkhmalokaSumber: kemdikbud.go.id

 

Bagaimana memilih Program Studi PTN? | admin | 4.5