Bagaimana status sekolah eks RSBI?

Saturday, February 2nd, 2013 - Pendidikan

Status sekolah eks RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) diperintahkan untuk menjadi sekolah reguler yang dibina oleh pemerintah kota/kabupaten/provinsi.

Hal tersebut berdasar pada Surat Edaran Nomor : 017/MPK/SE/2013, yang berisi tentang Kebijakan Transisi RSBI. Surat Edaran tersebut ditandatangani oleh Mendikbud pada hari Rabu, 30 Januari 2013.

Kebijakan tersebut diambil setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 5/PUU-X/2012 yang isinya mengabulkan permohonan Koalisi Pendidikan. Dengan keluarnya Surat Putusan dari MK tersebut, maka dasar hukum penyelenggaraan RSBI dihapus.

Isi dari Surat Edaran Mendikbud menegaskan bahwa papan nama, kop surat dan stempel sekolah yang ada hubungannya dengan RSBI tidak dapat digunakan dalam manajemen dan administrasi sekolah.

Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap berlangsung sampai akhir Tahun Pelajaran 2012/2013 serta mengacu pada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Untuk proses belajar mengajar mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Pihak sekolah dilarang untuk memungut biaya kepada masyarakat karena pemerintah kota/kabupaten/provinsi akan menyediakan anggaran untuk berlangsungnya pendidikan di sekolah eks RSBI.

Sumber: kemdikbud.go.id

Bagaimana status sekolah eks RSBI? | admin | 4.5