Pemilihan Gubernur Jawa Barat berlangsung satu atau dua putaran?

Sunday, February 24th, 2013 - Politik

Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013-2018

Pemilihan gubernur Jawa Barat dilaksanakan pada hari ini 24 Februari 2013. Nasib lima pasangan calon yang akan memimpin Jawa Barat lima tahun mendatang ditentukan oleh para konstituen.

Berdasarkan hasil quick count LSI (Lingkaran Survey Indonesia) ada dua pasangan calon yang bersaing ketat, mereka adalah pasangan calon Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar (33,19%) dan pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki (27,50%). Maka berdasarkan quick count/hitung cepat LSI, pasangan Ahmad Heryawan-Dedy Mizwar menang pemilihan gubernur Jawa Barat.

Yang jadi pertanyaan apakah pemilihan gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 berlangsung satu putaran atau dua putaran?

Menurut Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Jawa Barat Yayat Hidayat, menurut Undang-undang No 32 Tahun 2004 yang direvisi Undang-undang No 12 Tahun 2008, bila ada satu calon yang meraih suara 30 persen plus satu maka ia akan menjadi pemenang. Pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar berdasarkan hasil hitung cepat memperoleh suara 33,21%. Maka bisa diprediksi kalau pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat akan berlangsung satu putaran.

Hal berbeda terjadi pada pemilihan gubernur DKI (Daerah Khusus Ibukota) Jakarta dan Aceh yang merupakan daerah khusus. Dimana syarat menang pemilihan satu putaran harus mengantongi suara 50 persen plus satu

Pemilihan Gubernur Jawa Barat berlangsung satu atau dua putaran? | admin | 4.5