Audi TT 2014 – Mengusung Konsep Desain Shooting Brake

Sunday, January 12th, 2014 - Otomotif

Audi selalu menjaga tradisi dengan cara memberikan preview terhadap pruduk Audi TT yang akan segera diluncurkan, kali ini dengan mengusung konsep shooting brake. Shooting brake atau shooting break adalah konsep body style yang berasal dari era abad ke-19 dimana merunut pada kendaraan untuk mengangkut peralatan untuk permainan (games). Menyesuaikan dengan perkembangan zaman, saat ini konsep shooting brake merujuk pada kombinasi model station wagon lima pintu dan model coupe tiga pintu.

Audi-TT-2014-exteriorPada tahun 2005 Audi memperlihatkan preview Audi TT generasi kedua dengan konsep Audi Shooting Brake pada ajang Tokyo Motor Show. Untuk Audi TT generasi ketiga ini, konsep preview yang diusung adalah Audi Allroad Shooting Brake Concept yang akan dipamerkan pada ajang Detroit Motor Show 2014 mendatang.

Audi-TT-2014-rearMelirik tampilan Audi TT terbaru, pada bagian depan mobil kita disuguhkan desain grille trapezodial yang dikombinasi dengan dua buah matrix headlamps. Beralih kebelakang, mobil ini ternyata mengusung konsep ‘wagon’ style, walaupun begitu lekukan bodi belakang dan stop lamp tetap mengusung konsep klasik Audi.
Audi-TT-2014-interior
Pada ajang Consumer Electronic Solution 2014, Audi sudah memperlihatkan konsep desain interior dari Audi TT ini. Mobil ini memang mengusung konsep station wagon tiga pintu yang muat untuk mengangkut sampai empat orang. Namun kita tidak bisa berharap banyak untuk kenyamanan pada bangku belakang.

Audi TT generasi ketiga menggunakan basis wheelbase 2.510 mm, panjang 4.200 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.410 mm. Sementara itu, Audi TT generasi kedua menggunakan wheelbase 2.468 mm, ini membuat wheelbase Audi TT generasi ketiga lebih panjang.

Beralih ke bagian mesin, sistem plug-in hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum 408 hp dan torsi 650 Nm. Mobil dengan bobot 1,600 ton ini dapat melaju 100 km/jam dalam waktu 4,6 detik. Top speed yang mampu diraih bisa mencapai 250 km/jam. Mesin 2.0 liter TFSI mampu menghasilkan tenaga maksimum 292 hp dan torsi 380 Nm, dipadu dengan motor elektrik dengan tenaga 54 hp dan torsi 270 Nm. Motor elektrik tergabung dengan transmisi 6-percepatan e-S tronic dual clutch.

Pada axle belakang terdapat pula motor elektrik dengan tenaga 114 hp dan torsi 270 Nm yang dilengkapi sistem e-tron quattro. Motor elektrik tersebut ditenagai baterai lithium ion liquid cool dengan kapasitas 8.8 kWh, dengan hanya menggunakan motor elektrik tersebut kendaraan mampu melaju sejauh 50 km.

Sumber: paultan.org | wikipedia.org

Audi TT 2014 – Mengusung Konsep Desain Shooting Brake | admin | 4.5