Inspirasi Usaha Kuliner Lele Crispy

Saturday, May 31st, 2014 - Inspirasi Usaha

Inspirasi Usaha Kuliner Lele Crispy – Bagi Anda yang sudah jenuh bekerja atau sedang mencari inspirasi usaha kuliner yang sekiranya dapat Anda tekuni dengan modal relatif kecil maka berikut ini ada sekelumit cerita peluang usaha kuliner oleh seorang anak muda yang baru berusia 31 tahun bernama Fajar Alam Setiabudi.

Inspirasi Usaha Kuliner Lele Crispy

Foto Fajar Alam Setiabudy Lele Crispy

Fajar sendiri mengakui kalau dirinya memang sudah menyukai dunia kuliner semenjak kecil. Bahkan semenjak SD pun ia sudah suka membuat nasi goreng buatannya sendiri. Pada usia 11 tahun dimana masih banyak teman seusianya tidak terlalu memikirkan tentang masa depan, Fajar sudah bercita-cita suatu hari nanti akan memiliki restoran sendiri.

Sepertinya perjalanan hidup Fajar memang tidak jauh-jauh dari dunia kuliner mengingat ia pernah bekerja sebagai chef dan pernah mengikuti sebuah kompetisi chef di sebuah acara televisi lokal. Tidak lama kemudian, Fajar Alam dengan tekad yang sudah bulat memutuskan untuk berhenti bekerja pada 2010 daan fokus untuk mengembangkan usahanya restoran sendiri.

Fajar mengakui pada awalnya kendala yang ia hadapi adalah masalah sumber daya manusia (SDM), dimana ada beberapa karyawan yang tidak mau untuk mengerjakan pekerjaan berat tapi ingin mendapatkan gaji besar, dikutip dari MyOyeah.

Karena modal yang terbatas, ia memutuskan untuk tidak menyewa tempat melainkan membuka usahanya di area halaman rumah, untungnya karena rumahnya di area Tebet Jakarta Selatan dimana terkenal padat dan banyak area perkantoran, tidak sulit bagi Fajar untuk dapat menjangkau konsumen.

Warung yang ia kelola buka dari hari Senin hingga Sabtu, sementara hari Minggu libur. Pada hari kerja biasanya pelanggan datang dari area perkantoran sedankan untuk Sabtu kebanyakan keluarga yang memang sengaja ingin makan diluar.

Awal mula ia tertarik membuka usaha lele crispy karena pernah punya pengalaman makan di restoran lele yang cukup terkenal di Jakarta. Akan tetapi pengalaman tersebut tidak membuatnya puas dengan menu sajian lele yang disajikan oleh restoran lele yang terkenal itu. Fajar berkeyakinan kalau dirinya yang memang punya pengalaman sebagai chef dapat membuat menu makanan yang lebih lezat dibanding restoran lele tersebut.

Sehingga hingga kini lele crispy menjadi menu andalan bagi para pengunjung warung lelenya. Untuk paket lele crispy sendiri dibanderol harga berkisar Rp 13.000-19.000 yang terdiri dari paket nasi, lauk, lalap dan sambal. Berkat ketekunannya berusaha, kini warung lele crispy sudah memiliki 3 cabang di daerah Pondok Kelapa, Kalibata City dan Pondok Ranji.

Fajar mengangut sistem kemitraan bagi siapa pun yang berminat untuk bergabung dengannya. Bagi para usahawan yang berminat untuk bergabung dengannya perlu mengeluarkan biaya initial fee sebesar Rp 30 juta untuk dua tahun. Dengan biaya tersebut maka calon usahawan akan diberi training atau pelatihan, seragam, flyer dan banner. Untuk ukuran tempat, Fajar sendiri tidak mematok harus ukuran berapa, ia mengaku sangat fleksibel dalam hal ini.

Setelah menjalani usaha selam empat tahun lamanya, kini usaha yang ia rintis sudah mulai stabil. Pada hari kerja biasanya dagangannya laku hingga 500 porsi. Sedangkan hari libur omset turun sebesar 30%. Walau sudah meraih sukses bukan berarti Fajar puasa begitu saja, ia bermimpi agar semua lini bisnis dari hulu ke hilir dapat ia kuasai. Misalnya untuk menu sambal dan lalapan bisa didapat dari pertanian yang ia kelola sendiri.

Inspirasi Usaha Kuliner Lele Crispy | admin | 4.5