Pesawat Malaysia jatuh di Ukraina

Friday, July 18th, 2014 - Berita

Pesawat Malaysia jatuh di Ukraina – Sebuah pesawat Boeing 777 milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 yang mengangkut 295 orang penumpang dikabarkan jatuh di wilayah udara Ukraina tepatnya di dekat kota Shaktarsk wilayah Donetsk yang diketahui dikuasai oleh pemberontak pro Rusia. Menurut Presiden Ukraina Petro Poroshenko, ada kemungkinan kalau pesawat MH17 ditembak jatuh.

pesawat malaysia jatuh di ukraina

Puing pesawat Malaysia Airlines MH17

Walaupun begitu, hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak manajemen Malaysia Airlines terkait kemungkinan salah satu pesawatnya jatuh karena ditembak. Melalui akun twitter Malaysia Airlines disebutkan kalau Pesawat MH17 kehilangan kontak ketika berada di wilayah udara Ukraina. Pesawat yang berangkat dari Amsterdam, Belanda pada pukul 12.14 waktu setempat diperkirakan jatuh kira-kira pukul 19.14 WIB.

Mengenai dugaan MH17 ditembak jatuh datang dari laman situs media sosial yang berkaitan dengan komanda pemberontak Ukraina yang menyatakan gerilyawan telah menembak jatuh pesawat yang diduga sebagai pesawat angkut militer berukuran besar yang ternyata adalah pesawat penumpang komersil. Kemungkinan salah sasaran tembak bisa saja terjadi mengingat pada tanggal 14 Juni 2014 pemberontak pro-Rusia menembak pesawat angkut militer An-26 yang menewaskan 47 tentara Ukraina. Akan tetapi hingga kini belum diketahui senjata seperti apa yang digunakan oleh pemberontak sehingga bisa menembak jatuh pesawat di ketinggian 10.000 meter.

Satu hal yang membuat rakyat Indonesia turut berduka adalah salah satu penumpang MH17 ternyata ada 11 warga negara Indonesia. Selain itu ada pula 154 warga Belanda, 23 warga Malaysia, 27 warga Australia, 4 warga Jerman, 3 warga Filipina, 4 warga Belgia, 1 warga Kanada dan 47 orang belum diketahui identitasnya. Salah satu korban yang bisa ditelusuri bernama Ninik Yuriani. Ia menumpang pesawat MH17 dari Amsterdam dengan tujuan tujuan akan ke Indonesia untuk bisa merayakan lebaran bersama keluarga besar di Wonosobo, Jawa Tengah. Menurut adik Ninik, Eni Nuraheni yang berprofesi sebagai fotografer salah satu kantor berita asing di Indonesia, pada Jum’at dinihari akan menjemput sang kakak Ninik di bandara Soekarno-Hatta. Ketika di Belanda, Ninik tinggal di daerah Eidhoven. Sepertinya sudah menjadi tradisi kalau ia biasa pulang ke Indonesia setiap tiga tahun sekali untuk berlebaran bersama keluarga.

Untuk lebih memperjelas detik-detik jatuhnya MH17 diunggahlah sebuah video oleh akun bernama Life-Maria Channerl di laman berbagi video youtube yang berdurasi 57 detik. Selain video terdapat pula foto-foto memperlihatkan kondisi pasca jatuhnya MH17, di area seluas 15 kilometer ditemukan puing-puing pesawat dan tidak kurang dari 100 jenazah. Bangkai pesawat tersebut didominasi warna merah dan biru, sesuai dengan warna pada body Malaysia Airlines pada umumnya.

Ban Ki-Moon selaku Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyerukan dunia Internasional turut melakukan upaya penyidikan terhadap MH17. Inggris menjadi negara pertama yang menyerukan penyelidikan tersebut dan meminta segera digelar pertemuan darurat oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait MH17 serta konflik di Ukraina.

Sumber: kompas.com

Pesawat Malaysia jatuh di Ukraina | admin | 4.5